Pulau Pantara… Surga Terpencil di Utara Jakarta

Pulau Pantara…

 

Aku yakin, tidak banyak di antara kalian yang mengenalnya. Pulau Pantara terletak di gugusan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Pulaunya relatif kecil, sehingga dapat dijelajah dalam waktu singkat.

 

Pulau Pantara tampak atas

 

Namun, ketika mencarinya di Google, tak mudah menemukan letak pasti pulau tersebut. Aku hanya menemukan peta Kepulauan Seribu tanpa ada penjelasan di mana letak Pulau Pantara. Seperti yang satu ini:

 

Peta Kepulauan Seribu

 

Mungkin saking kecilnya pulau ini kali ya…. Untuk ke sana saja membutuhkan waktu tempuh selama empat jam dari Pelabuhan Tanjung Priok.  Menurut situs http://pulauseribujakarta.com Pulau Pantara adalah pulau resort yang terjauh di pulau seribu Jakarta.

 

Kebetulan, Minggu (11/12) lalu, aku berkesempatan mengunjungi pulau itu bersama rombongan Divisi Humas Mabes Polri. Kami berangkat pukul 07.30 dari Markas Kepolisian Air, Badan Pemeliharaan Keamanan Polri, Tanjung Priok, menggunakan kapal hibahan dari Australia, Abimanyu.  Kapal tersebut sebenarnya kapal untuk mengangkut pasukan ke daerah tertentu dan perjalanan ke Pulau Pantara merupakan pelayaran pertamanya mengangkut penumpang.

 

Nah, perjalanannya cukup panjang, empat jam. Saranku, sebaiknya siapkan mp3 atau alat hiburan lain untuk membunuh waktu. Beruntung, cuaca saat itu cerah, begitu pula dengan ombaknya.

 

Sampai di Pulau Pantara, waktu menunjukkan pukul 10.30. Tentu matahari sedang terik-teriknya. Tapi, panas matahari sama sekali tak terasa saat melihat laut yang begitu cantik. Airnya benar-benar jernih, sehingga tampak gradasi warna dari turquoise hingga ke biru tua… Wow!!!! Begitupula dengan pantainya. Walau pantainya relatif sempit, tapi……. Ah, susah ngejelasinnya. Lihat fotonya aja yak.

 

Dermaga Utama Pulau Pantara

 

 

Terus terang, aku memiliki pobia kedalaman. Tapi, di pulau ini, aku berani main air di pantainya, berani main kano juga malah. Lumayan, mumpung gratis. Hehehehhe..

 

Sebenarnya banyak fasilitas yang ditawarkan, seperti snorkeling, diving, banana boat, dan jetski.

 

main air

 

Oia, setelah nanya ke pekerja resort, harga paket per malam relatif tinggi cuy. Harganya Rp1,9 juta!!!! ITU PER ORANG lho!!!! Kalau dengan biaya sendiri, mending pilih ke Karimunjawa aja deh. Kata temen, Karimunjawa lebih indah dan menentramkan jiwa raga.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s