Travelling Solo ke Jepang? Siapa Takut

Hai hai… I’m back. Kali ini saya bakal sharing pengalaman travelling solo ke Tokyo, Jepang. Lebih ke persiapannya sih di tulisan ini. Kebetulan 14-17 Juni 2017, saya mendapat tugas ke Tokyo. Karena nanggung, 18-19 Juni adalah jatah libur mingguan, saya mengajukan extend dan disetujui atasan. Ini adalah pengalaman saya travelling solo ke luar negeri. Meski … More Travelling Solo ke Jepang? Siapa Takut

Occupied Tokyo

Mencoba memutar kenangan, saat semilir angin menyapa pagi itu. Sejuknya menyapu pipi. Juga mengantarkan aroma pepohonan dan bunga ke indra penciuman. Dia, teman perjalanan dan pendengar yang baik dalam diam.  Sesekali, suara burung gagak memecah keintiman kami. Suara burung yang sangat ditakuti di negaraku. Tapi tidak di kota ini, di negara ini. Burung gagak menjadi … More Occupied Tokyo

Runtuh…

23.00 Sudah malam rupanya… Namun, majikanku belum juga pulang. Alhasil, kamar berukuran 3×4 meter ini masih gelap gulita. Sekarang, yang dapat aku lakukan hanya menunggu kedatangannya.. 03.00 Majikan kesayanganku belum pulang juga rupanya… Tubuhku belum dibersihkan dari debu pagi tadi. Lengket! Sinar bulan hampir tak mampu aku pantulkan. Namun, aku hanya bisa menunggunya.. 05.00 Hujan…. … More Runtuh…

Story About Sense of Smell

This is story about sense of smell. Paling tidak, ini berdasarkan pengalamanku. Pernahkah kamu mencium feromon (pheromone) orang? Hohoho… I do! Tapi saya bukan Superman atau manusia serigala lho. Ini tidak ada hubungannya dengan kekuatan super seperti yang di film-film itu ataupun hal-hal mistis. Manusia memiliki 6 juta sel pendeteksi bebauan, sesuai artikel yang dirilis oleh Mirror tentang 20 … More Story About Sense of Smell

Eksekusi Mati Merry

Gelap…. Selain karena malam, mereka menutup mataku. Tangan dan tubuhku pun diikat pada sebuah tiang kayu. Seluruh sendiku kaku. Gigiku bergeretak kelu. Mereka akan mengeksekusiku dalam beberapa detik lagi. Mati. Harga yang harus aku bayar atas kenekatanku membawa benda haram milik lelaki bule itu melampaui batas negara ini.Menyesal, pasti. Terlebih, aku akan meninggalkan dunia ini … More Eksekusi Mati Merry

Learn to Trust No One

Mungkin mulai saat ini aku harus belajar untuk tidak mempercayai siapapun… Sebab, ketika aku percaya kepada seseorang, dia mengkhianati.. Mungkin aku harus belajar melihat sifat seseorang…sehingga aku tak akan dipermainkan lagi… Mungkin aku juga harus belajar memilih teman…sehingga aku tak akan diperalat lagi.. Ya, kejadian hari ini membuat aku menangis satu jam di kamar dan … More Learn to Trust No One

Menikah, Siapkah?

I’m 32 dan belum menikah. Ya, di Tanah Air, angka ini bukan lagi usia yang pantas sendiri. Apalagi untuk perempuan. Lalu kenapa saya masih single? Entah. Salah siapa? Tak ada. Apakah jomblo pilihan? Tidak juga. Njuk aku kudu piye? Banyak yang berkata, “Cari dooong.” Ndasmu njeblug! Pertama, carinya di mana? Memangnya ane tau jodoh ane … More Menikah, Siapkah?

Apa Kabarmu Bakau Tanjung Api-Api?

Sekitar 2009, saya kesempatan bertugas ke Sembilang, Sumatera Selatan. Tempat yang mengingatkan saya tentang betapa beruntungnya diberi napas untuk hidup dan indahnya ciptaan Tuhan. Pada berjalanan ke taman nasional itu, saya dapat melihat Tanjung Api-Api dari kejauhan. Wilayah yang membuat mantan suami pedangdut Kristina tersangkut kasus korupsi. Kemarin, saat menghadiri media briefing sebuah BUMN, sang … More Apa Kabarmu Bakau Tanjung Api-Api?

I’m Fine Mom…

Hati tersayat, ketika mendengar perempuan yang sedang berbicara denganku di telepon, menangis sesegukan. Menangis sampai tak mampu meneruskan kalimat-kalimatnya.. Yang aku dengar hanya kata, “Maafin ibu.” Isi hati yang ternyata dia pendam sejak aku kuliah di Bandung… “Maaf,” kata dia lagi… Sekuat tenaga, aku menahan agar tangis tidak pecah. Semua baik-baik saja. Terlebih bagiku, tidak … More I’m Fine Mom…

Sorry.. My friends

“Ah, kamu mah susah diajak pergi.” “Jangan kerja mulu kenapa?” “Kamu berubah!” Hmm…banyak yang menujukan kalimat itu beberapa bulan belakangan. Sedih sih. Aku pengen temen-temen ngerti keadaanku. Tapi, tetap enggak bisa memaksa. Aku hanya bisa mencoba mengerti jalan pikiran mereka ketika beberapa di antaranya tidak mau lagi berteman. Kadang, ngiri juga melihat kebersamaan teman-teman. Tapi … More Sorry.. My friends